Uncategorized

Inilah 3 Point Penting Dalam Membangun Desa

Pojokkampung.net – Ela Siti Nuryamah (Anggota DPR RI Fraksi PKB Dapil Lampung II dan Ibnu Walidin (Pendamping Desa) Provinsi Lampung, mengadakan agenda Ngobras (Ngbrol Inovasi Desa) di lokasi pasar Yosomulyo Pelangi (Payungi) Kota Metro. Sabtu, (21/12/19).

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014, menjadi kesempatan bagi warga desa untuk bisa berperan aktif dalam pembangunan desa. Dengan Undang-Undang tersebut mengandung asas Rekognisi dan subsidioritas. Dimana desa memiliki hak asal usul, dan pengambilan keputusan bersifat lokal serta tidak lagi diatur sepenuhnya oleh pemerintah daerah.

Dharma Setyawan, Salah seorang tokoh Penggerak Pasar Yosomulyo Pelangi (Payungi ) menyampaikan dalam sambutannya bahwa, Ruang desa itu ruang yang kering pengetahuan. Sulit bikin forum diskusi. Kalaupun ada forum itupun cuma ngumpul, atau hanya sekedar yasinan, nggak ada acara membahas dana desa.

”Selama ini dana desa hanya menguntungkan aparat desa. Kenapa? Karena nggak ada ruang untuk menyampaikan aspirasi masyarakat. Padahal sudah semestinya ada ruang tersebut guna mengetahui apa yang menjadi kebutuhan masyarakat. Oleh sebab itulah peran pendamping desa menjadi nggak efektif.” Tambahnya.

Berbicara soal desa, Dharma menyampaikan “Ada tiga hal yang perlu dilakukan di desa. Pertama menjadi desa sebagai desa budaya. Kedua menjadikan desa menjadi Desa wisata, dan yang Ketiga yaitu, menjadikan desa sebagai Ruang kreatif.” Pungkas Dharma.

Penulis : Cholid
Editor : Arif

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close