BeritaLampungLampung TengahSosial Budaya

KH. Imam Suhadi Meneladani Kesederhanaan Dakwah Sunan Muria

Pojokkampung.net – Bagi warga Nahdliyin siapa yang tidak pernah mendengar kemasyhuran Sunan Muria, beliau waliyullah yang dikebumikan di area gunung Muria kabupaten Kudus Jawa Tengah. Keberhasilan dakwahnya cukup signifikan dan mampu merambah ke seluruh lapisan masyarakat hingga ke pelosok desa khususnya di Jawa Tengah.

Senin, (14-10-2019) pukul 16.05 WIB. KH. Imam Suhadi berkesempatan ziarah ke makam Sunan Kudus bersama jama’ah. Letak makam yang berada di arera gunung Muria cukup jauh dari jangkauan sehingga harus ditempuh dengan berjalan kaki, namun demikian tidak membuat sepi jama’ah untuk berziarah ke makam Sunan Muria

Seperti yang kita ketahui, Sunan Muria dilahirkan dengan nama Raden Umar Said (putra Sunan Kalijaga). Dalam berdakwah, Sunan Muria menggunakan metode yang sama dengan ayahnya, (Sunan Kalijaga). Hanya saja Sunan Muria lebih fokus berdakwah di pelosok desa sekaligus memberdayakan masyarakat desa untuk bercocok tanam.

“Sejarah membuktikan bahwa dakwah Sunan Muria mencakup semua unsur kehidupan manusia, Sunan Muria berdakwah hingga ke pelosok desa dan mampu membantu masyarakat dalam menyelesaikan persoalan ekonomi” ungkap KH. Imam Suhadi

“jadi Sunan Muria tidak berjuang dalam hal agama saja, namun dalam ekonomi dan hal-hal yang menyangkut keberlangsungan hidup juga dilakukan” tambah KH. Imam Suhadi kepada jamaah usai mengimami jama’ah.

Setelah selesai berziarah di makam Sunan Muria, KH. Imam Suhadi beserta jama’ahnya bergegas melanjutkan perjalanan ziarah menuju makam Sunan Bonang yang terletak di Tuban Jawa Timur.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close