BeritaLampungLampung TengahSosial Budaya

Napak Tilas Sejarah Penyebaran Islam di Indonesia, KH. Imam Suhadi Ziarah Makam Raden Fatah Demak

Pojokkampung.net – Makam Raden Fatah menjadi tempat yang diziarahi oleh jama’ah yang dipimpin KH. Imam Suhadi. Makam Raden Fatah terletak di belakang masjid Demak. Waliyullah Raden Fatah lahir di Palembang pada tahun 1455 M. dan wafat di Demak pada tahun 1518 M. Nama lain Raden Fatah adalah Jin Bun. Dalam bahasa Tiongkok Jin Bun memiliki arti orang kuat karena pada masa itu Raden Fatah termasuk orang yang disegani di tanah jawa.

Senapati Jinbun atau Panembahan Jinbun (nama lain Raden Fatah) adalah pendiri dan sultan Demak pertama dan memerintah tahun 1500-1518 M. Menurut Kronik Tiongkok dari Kuil Sam Pong Kong Semarang. Menurut babad Tanah Jawi menyebutkan Raden Patah Menolak Menggantikan Arya Damar menjadi Adipati Palembang. Beliau pergi ke Pulau Jawa ditemani raden Kusen. Sesampainya di Jawa keduanya berguru pada Sunan Ampel di Surabaya. Raden Kusen kemudian mengabdi ke Majapahit, sedangkan Raden Fatah pindah ke Jawa Tengah membuka hutan Glagahwangi menjadi sebuah pesantren.

Pukul 02.16 WIB.  14-10-2019 KH. Imam Suhadi  memimpin ziarah. “Di sinilah Kerajaan Islam pertama di tanah Jawa didirikan. Awal perjuangan dalam ruang politik para Wali ya dimulai di tempat mulia ini”. Tutur beliau kepada jamaah sebelum memulai doa.

Setelah selesai ziarah ke makam Raden Fatah, KH. Imam Suhadi shalat subuh berjamaah di masjid Demak, menurut keterangan salah satu santri yang mendampingi KH. Imam Suhadi selanjutnya dijadwalkan akan melanjutkan perjalanan menuju  makam Syeikh Sunan Kalijaga di Kadilangu yang letaknya tidak jauh dari masjid agung Demak.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close
Back to top button
Close
Close