Uncategorized

Politik Uang NO, Pilkada Berintregritas YES

Bawaslu Provinsi Lampung Bersama Bawaslu Lampung Tengah Menyerahkan Penghargaan Kepada Kepala Kampung Kota Gajah

Bawaslu, Lampung Tengah – Sebagai bentuk komitmen mewujudkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020 yg bersih, jujur dan adil, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Lampung Tengah gelar Kegiatan gerakan kampung anti politik uang, di Kampung Kota Gajah, Kamis (19/12/2019).

Ketua Bawaslu Lampung Tengah Harmono menyampaikan, bahwa dalam rangka gerakan kampung anti politik uang sebagai bentuk merangkul partisipasi masyarakat secara bersama-sama dalam gerakan menolak politik uang pada Pilkada 2020.

“Sebagai bentuk partisipasi masyarakat dalam menolak politik uang pada Pilkada tahun 2020 dengan slogan ‘politik uang No, pilkada berintegritas Yes'” jelasnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, demokrasi harus dibangun dari Kampung.

“Tidak hanya dibangun dengan infrastruktur saja, tetapi harus diawali dengan proses demokratisasi yang jujur dan bersih” pungkas Harmono.

Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Lampung Iskardo P. Panggar menyampaikan, Proses pemilihan Kepala Daerah dari tingkat bawah sampai tingkat atas merupakan proses untuk mencari dan memilih pemimpin sebagai pelayan rakyat untuk memajukan pembangunan dan kesejahteraan daerahnya.

“Kampung kota gajah dapat dijadikan contoh untuk Pilkada 2020 sebagai kampung anti politik uang di Kabupaten Lampung Tengah” pungkasnya.

Senada dengan Harmono, Bupati Lampung Tengah yang diwakili oleh staf ahli bidang politik Eko Dian Susanto mengungkapkan, peran masyarakat sangatlah penting dalam menolak dan melawan politik uang guna untuk membawa pilkada 2020 yg bersih, maju dan lebih baik.

“Peranan masyarakat disini sangat diperlukan dalam membantu pengawasan secara partisipatif,” ujarnya.

Untuk diketahui, kegiatan tersebut di hadiri oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Lampung Tengah, Partai Politik Lampung Tengah, Camat Kota Gajah, Kepala Kampung se-Kecamatan Kota Gajah, Tokoh Masyarakat, tokoh Agama, tokoh adat serta masyarakat Kampung Kota Gajah.

Dalam kegiatan itu, dirangkai dengan deklarasi kampung anti politik uang di isi dengan kesenian budaya kuda lumping, silat sigeh pengunten, pelepasan 9 burung merpati dan pembacaan naskah serta penandatangan deklarasi tolak politik uang.

Penulis : Naim

Editor : Holid

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close